Saturday, September 11, 2010

It's All About Us!

Yeay! Akhirnya gw dapetin keluarga baru di kampus, hihi. Yup, keluarga baru gw itu ya temen-temen gw di jurusan broadcast. Seneng rasanya dapet kenalan baru, secara gitu gw orangnya bosenan, hehe. Gw seneng aja bisa ngenal orang lain dengan pribadi mereka yg beda-beda, wih, seru. Sekarang yg mau gw ceritain bukan tentang pribadi mereka satu-satu, tapi tentang masa bimbingan gw di vokasi komunikasi (mulai sekarang gw singkat jadi vokom) dari tanggal 30 Agustus-4 September 2010. Acaranya terdiri dari 3 hari mabim vokom (tanggal 30-31 Agustus sama 4 September) dan 3 hari mabim broadcast (tanggal 1-3 September).

Hari pertama pembukaan sama dikasih tau tugas-tugas bla bla bla. Ohiya, FYI, vokasi komunikasi itu terdiri dari 3 jurusan, pertama jurusan gw (penyiaran), trus periklanan, sama humas. Nah, itu semua ospeknya bareng, tugas sama kelompok-kelompoknya juga dibagi udah dari gabungan ketiganya. Seru deh.

Tugas di mabim vokom itu disuruh bikin buku ttd (standart kaya jaman masuk SMA dulu), trus sama nametag dalam bentuk TV 3D gitu deh. Gw sih nyadar aja gw kurang kreatif orangnya, jadi gw bikinnya cari aman aja, yg penting bener, hihi. Di buku ttd itu, sampulnya harus warna ungu, trus didepannya harus ada foto diri sendiri pake jakun. Hmm, klo yg nametag, di depannya harus ada foto bareng sama Office Girl yg jaga di gedung H, haha. Nih liat deh hasil karya gw,

Yg sebelah kanan itu nametag gw

Hari kedua itu uji yel-yel kelompok. Gw tergabung dalam kelompok yg namanya Makara, terdiri dari 8 orang. Yel yg paling bagus bakal dikasih hadiah, yah tapi sayang kita ga jadi pemenangnya, gapapa deh yang penting kelompok kita sukses bikin anak-anak lain ngakak karna ada parodi Menwa'nya, haha.

Kelompok Makara plus senior sebagai tutor

Nah, di hari ketiga keempat kelima adalah mabim dari jurusan, yaitu gw penyiaran. Setiap harinya kita harus pake kompakan warna dan nametag selalu dipake. Soal tugas, mabim jurusan lebih parah lagi tugasnya, pertama kita disuruh bikin film pendek minimal 1 menit dengan kelompok yg udah ditentukan, terus kedua bikin profil senior penyiaran angkatan 09, yg terakhir disuruh mengambil foto dengan disertai tagline. Itu semua dikumpulinnya di hari kedua, yaitu tanggal 2 September. Yaudah lah gw sama temen-temen sekelompok bikin film bertemakan puasa berhubung waktu itu lagi bulan Ramadhan. Untuk tugas profil gw memilih buat profil ketua angkatan penyiaran 09, cowo (gw sengaja ga mau cewe soalnya suka galak sih klo masa ospek, hehe).Trus tugas foto gw cetak foto anak anjing yg tersesat di kawah putih, Ciwidey, dulu waktu gw ke sana (itu juga atas usul temen gw yg fotografer, hehe).

Menurut gw sih ospek jurusan ini jauh lebih nyeremin daripada ospek vokom yg cuma 'haha hihi' aja. Tapi, ospek jurusan gw itu juga ga banyak marah-marahnya kok, malah lebih banyak pelajaran dan pengalaman yg dikasih dari para senior. Di hari pertama kita didatengin seorang penyiar di Oz Radio, trus dihari kedua kita didatengin seorang sutradara yg cara ngomongnya seniman abis, yaitu mas Angga Sasongko. Ternyata mereka berdua itu adalah senior angkatan atas yg lulus dari jurusan gw. Wow, keren ya. Mereka berbagi pengalaman gimana jadi seorang penyiar dan sutradara yg baik, cara berpikir yg beda, dll. Seru banget deh. Ohiya, galak-galakan senior seperti layaknya ospek jaman dulu sih masih ada, tapi sedikit, cuma di hari kedua sama ketiga, itupun karna ada dua atau tiga orang yg ga dateng, malah kita semua yg dateng yg diomelin. Katanya sih, ospek itu tentang kebersamaan, gimana caranya biar kita seangkatan bisa kompak dengan saling bertukar informasi dan berkomunikasi. Yah, bener juga sih klo dipikir-pikir. Pas ospek itu kita semua tiba-tiba jadi kompak aja gitu, saling menyesuaikan satu sama lain, makan bareng, ke kosan bareng, pokoknya kemana-mana bareng deh. Selain ada yg ga dateng, yg telat ada juga, dan beda-beda hukumannya, disuruh push-up, lari, bahkan ada yg sampe disuruh nyanyi lagu Indonesia Raya diatas pohon, mana dy ga hafal lagi, hahaha. Lucunya..

Abis diomelin langsung disuruh foto

DI hari penutupan ospek jurusan ternyata tugas yg udah dikumpulin itu udah dipilih dan dinilai mana yg paling bagus. Yg paling bagus itu dapet hadiah. Pas mau diumumin kita semua langsung ga nyangka soalnya sebelumnya ga dikasih tau bakal dijadiin ajang kompetisi gitu. Satu persatu film hasil karya kita diputer , mana setiap sutradaranya disuruh maju lagi (ceritanya waktu itu gw sutradaranya, haha). Yaudah, abis semuanya udah tiba deh pembacaan pemenang. Kirain gw pemenangnya ada 3, eh ga taunya tiap pemenang cuma ada 1. Dag dig dug, duer! Alhamdulillah ternyata film kelompok gw yg menang, hihi. Mereka bilang film kita paling ada meaning nya diantara yg lain, dan editornya hebat katanya. Kita bersyukur banget deh. Hadiahnya tempat pensil kain warna kuning, biru, dan item, dalam jumlah yg adil untuk satu kelompok. Abis itu dag dig dug, duer! (lagi), dan alhamdulillah ternyata profil senior gw juga yg menang, hehe. Alasannya karna cara penulisan gw enak dibaca, trus juga karna yg ada di tulisan gw itu hampir semuanya bener (padahal gw cuma wawancara ke kakak itu, itupun ga nyampe sejam). Hadiahnya dapet binder kulit warna coklat (pas banget sama warna kesukaan gw). Klo tugas fotografi bukan gw lagi pemenangnya (haha ga mungkin juga), ada temen gw cewe yg menang, dy ngangkat tema lingkungan soalnya, bagus deh. Anyway, senengnya gw waktu itu ga terkira deh, ya walaupun bagi orang mungkin ga seberapa karna cuma di ajang tugas ospek, tapi gw seneng aja karya gw dihargai sama senior. A lot of thanks to you my senior :)

Di hari terakhir tuh cuma penutupan sama buka puasa bareng satu vokom bareng senior-senior 2008 dan 2009. Trus ada sesi persembahan dari junior untuk senior. Humas 2010 kasih persembahan teater musikal, periklanan 2010 film parodi, dan kita, penyiaran 2010 kasih film (film gw) sama paduan suara dadakan (gara-gara ga ada yg ngasih tau ada acara persembahan beginian). Yah tapi minimal ga malu-maluin deh, hehe.

Intinya dari semua kegiatan yg gw sebutin diatas itu banyak manfaatnya. Kita jadi belajar disilpin, dapet banyak pengalaman berharga, dan yg paling penting belajar menikmati indahnya kebersamaan. Yes, it's fun and I'm so glad to have you, guys!!

No comments:

Post a Comment